Rumah Kopi Gembira

'Cafe Legend' yang masih eksis di Kawangkoan

Kali ini saya menceritakan sebuah cafe yang berada di daerah Kawangkoan,  Sulawesi Utara. Jaraknya sekitar 40 km dari Manado. Kebetulan saat itu saya ada duty trip dan diajak mampir ke cafe berornamen Tionghoa. Cafe di sini biasa disebut rumah kopi.


Rumah Kopi Gembira berdiri sejak 1946. Dikelola secara turun temurun. Saya memesan kopi susu (susu SKM) yang disajikan dalam cangkir kecil. Saat nyruput, mencicipi sedikit seduhan kopi panas, saya langsung teringat kopi Kong Dji yang saya coba di Belitung. Rasanya sangat khas dan nikmat. 


Tante, owner dari cafe ini, mengijinkan saya untuk memotret dapurnya. Lagi-lagi saya teringat kedai kopi di Belitung. Beberapa tungku besar tampak di atas panggangan yang menggunakan bahan bakar arang. Kopi yang digunakan adalah robusta. Mungkin jenis kopi dan teknik menyeduh kopi yang mirip menyebabkan kopi di RK Gembira mirip dengan kopi Kong Dji di lidah saya.

Sayang cafe ini tidak ada cabang lain. Hanya ada 1 cabang di Jakarta. 

Selain kopi susu, cafe juga menjual roti bakar dengan berbagai macam isi yang dipilih seperti gula merah (aren) dan srikaya. Tapi Best seller di sini adalah bakpao, sering disebut biapong di sini. 


Bagi pecinta kopi, cafe mana saja  yang punya kemiripan cita rasa kopinya?







Komentar

Postingan Populer